Kamis, 18 Juni 2009

Ansor Band Competition Di Kediri

Drumband Genta Nada MAN 2 Tulungagung Raih Sembilan Tropi dalam Anshor Competition Se-Jatim
Beranggotakan Pemain Amatir, Baru Pertama Kali Tampil

Meski anggota masih tergolong amatir, namun prestasi grup Drumband Genta Nada MAN 2 Tulungagung patut diacungi jempol. Mereka memboyong sembilan tropi dalam Anshor Band Competition se-Jatim yang digelar di Kediri pada 30 Juni lalu.

Sekitar pukul 09.00 RaTu tiba di MAN 2 Tulungagung di Jalan Ki Mangun Sarkoro. Kesembilan tropi langsung dipamerkan. Satu per satu ditunjukkan. Yakni Juara 1 Gitapati, serta Analisa Musik untuk Divisi Lanjutan/Umum. Juara dua unjuk gelar divisi umum yakni diantara delapan peserta, serta juara dua unjuk gelar untuk semua peserta sebanyak 23 grup drumband.

Juga satu lagi juara dua untuk Paramanandi atau biasa disebut mayoret. Ada lagi juara tiga Colour Guard divisi lanjutan/umum, serta General Effect untuk divisi lanjutan. Satu tropi untuk juara harapan Lomba Kirab dan tropi terakhir juara umum nomor tiga tingkat Jawa Timur. "Rasanya bangga sekali. Ini penampilan pertama kami yang langsung dapat banyak juara," ucap Fia Izzatul Muna, sang Gitapati.

Diungkapkan pelajar yang baru naik ke kelas dua ini, dia mengendalikan 42 siswa dalam grup yang dipimpinnya. Jumlah tersebut terdiri dari pemain colour guard atau yang memainkan bendera. Ada juga bagin perkusi, tiup, belera, simbal dan lainnya. Tugas Ifa -begitu dia biasa dipanggil- mengendalikan semua pemain agar bisa padu, baik gerakan maupun tempo musik yang dimainkan. "Yang paling berat menguasai tempo," ucap Ifa.

Beruntung Ifa sebelumnya sudah mengenal drumband saat duduk di bangku MTsN Karangrejo. Saat itu dia menjadi mayoret. Karena itu waktu masuk ke MAN 2, dia langsung memilih drumband untuk kegiatan esktranya. "Kemarin pas latihan sering salah, tapi pas lomba alhamdulillah lancar. Cuma suaranya kayak mau habis buat teriak-teriak," ucap gadis yang murah senyum ini.

Sementara itu pemenang juara dua Paramanandi Asri Dwi Wulandari juga mengaku senang atas prestasi yang diraihnya. Sebagai paramanandi atau mayoret Asri harus ahli memainkan stok (tongkat mayoret). "Tantangannya gimana stok tidak jatuh, serta harus bisa lincah agar tidak monoton," ucap Asri.

Anshor Band Competition digelar pada 28-30 Juni lalu. Pada lomba di lapangan MAN 3 Kediri ini grup drumband dari berbagai daerah ikut serta. Mereka meramaikan ulang tahun Ansor VII. Sedangkan Drumband Genta Nada MAN 2 Tulungagung pada lomba ini mengeluarkan para pemain yang masih amatir. Mereka adalah para pelajar kelas satu yang sekarang naik ke kelas dua. Sementara senior mereka ada di kelas lebih atas.

Selama tampil mereka dinilai oleh juri yang nantinya ditugaskan pada PON Kaltim. Sehingga pada even tersebut menjadi latihan terakhir bagi para tim juri tersebut. "Tentu masih ada kesalahan yang kami lakukan, makanya kami masih perlu latihan terus untuk persiapan even lebih besar lagi," ucap Asri.

0 komentar:

Posting Komentar

Sharingan

Sharingan

Konco-Konco

group
Johan d'scout © 2008 Template by:
SkinCorner