Kamis, 18 Juni 2009

Waduk Wonorejo

Waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung

Sebagai daerah yang notabene mempunyai unsur akar rumput kebudayaan yang kuat dan beraneka, Tulungagung merupakan daerah penjunjung tinggi nilai budaya dan pariwisata. Karena salah satu cara agar sesuatu dikenal adalah dengan cara diperkenalkan. Salah satu obyek wisata kawasan dataran tinggi yang diperkenalkan Tulungagung adalah obyek wisata Pegunungan Waduk Wonorejo.

Selain berfungsi sebagai PLTA dan sebagai irigasi Waduk Wonorejo juga diperkenalkan sebagai obyek “journey” yang menyuguhkan kenyamanan dan ketersediaan fasilitas Rekreasi. Dalam konsepnya Waduk Wonorejo dimaksudkan untuk penyuplai air bersih baik untuk kawasan Tulungagung maupun sekitarnya juga sebagai sarana irigasi di daerah Pagerwojo dan sekitarnya juga sebagai sarana penggerak turbin untuk sarana penggerak untuk menghasilkan energi listrik.

Selain itu pula konsep lain yang ditawarkan adalah sebagai obyek Vacation dengan memberikan fasilitas berupa Jets Ski, wisata dengan perahu Kano, Bumi Perkemahan dan Lintas Alam, Sarana penerbangan Domestik setingkat Heli, Pemancingan air tawar dan ada juga sirkuit berkualitas standart untuk event Motocross dan juga Offroad.

Dengan jarak tempuh yang relatif dekat kurang lebih sekitar 15 Km dari pusat kota menjadikan Waduk Wonorejo menjadi area yang mudah ditempuh. Disamping itu juga akses dan srana jalan yang berkualitas menjadikan Waduk Wonorejo menyenangkan untuk disinggahi. Tersedia juga Resort dan Villa berkualitas nasional untuk istirahat para pengunjung.

Dengan bentang alam perbukitan yang berhawa sejuk juga dengan tingkat kemiringan lereng dan lembah menjadikan Waduk Wonorejo menjadai daerah yang sangat nyaman dan sejuk walau berada di daerah tropis. Penampakan hutan baik alami maupun buatan dapat dijumpai disini. Dengan konsep pengecoran total sebuah bukit menjadikan Waduk Wonorejo memiliki nilai artistic bagi para pengunjung, disamping itu juga standart kebersihan yang tinggi dapat dirasakan disini.

Event-event banyak sekali dijumpai disini baik itu dalam skala daerah maupun nasional. Contoh acara rutin yang selalu diselenggarakan adalah Lomba layang-layang tingkat Nasional, Kejurnas Motocross dan 4WD OFFROAD , lomba panahan dll.

Misi lain yang diambil oleh Waduk Wonorejo adalah mencoba mengembangkan konsep wisata pegunungan yang ada di Tulungagung, sehingga potensi wisata tidak hanya sub sector pantai ataupun Agrobisnis akan tetapi fasilitas umum yang begitu penting bagi masyarakat dapat di ekspos untuk wisata. Sehingga ke depan nantinya Tulungagung akan dikenal bukan hanya sebagai kota Marmer akan tetapi kota yang menyuguhkan berbagai kemudahan fasilitas rekreasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Sharingan

Sharingan

Konco-Konco

group
Johan d'scout © 2008 Template by:
SkinCorner