Sabtu, 10 Januari 2009

Marching band adalah sekumpulan orang yang memainkan suatu lagu atau repertoar lengkap dengan koreografinya dan memainkannya dengan berbaris (march). Alat musik yang dimainkan ialah jenis perkusi dan tiup yang juga di hiasi dengan para penari atau color guard

Konon, Marching Band lahir pada paska Perang Dunia ke II. Bermula dari prakarsa para veteran PD II untuk mengenang patriotisme mereka. Bersama generasi muda yang ada dilingkungannya, mereka membentuk korps musik dengan memainkan lagu-lagu mars nostalgia PD II sambil ber-parade keliling kota dalam acara-acara ceremonial maupun celebration. Kini Marching Band kian berkembang dan menjadi sebuah kegiatan yang sangat positif dan tidak hanya terbatas pada kegiatan parade saja, Marching Band sudah merupakan jenis entertain musical show yang kaya akan warna-warna artistikal, baik musikal maupun visual. Oleh karenanya mereka tidak terbatas memainkan lagu-lagu mars, lagu-lagu Pop, Jazz dan bahkan lagu-lagu Klasik dan Opera kini merupakan bagian dari musical program mereka. Dalam tuntutan perkembangannya, mereka terus menerus mengembangkan tehnik yang lebih tinggi.

tujuan utama pembinaan M.B. adalah membina kewiraan. Disamping itu Marching Band melalui musik bertujuan membina watak. Sebuah kalimat yang terkenal “Music speak better than word” memang telah teruji pada riset-riset yang dilakukan oleh para pakar dunia pendidikan. Melalui penghayatan nilai-nilai musikal dalam kegiatan pokok Marching Band, para anggota akan menjadi lebih berbudaya tinggi dan akan lebih cerdas. Kegiatan Marching Band adalah kegiatan bermain prososial atau team. Dari kelompok kecil (sectional) hingga kelompok besarnya (Korps), mereka dituntut untuk melakukan praktik team building serta melakukan aktivitas komunikasi verbal. Baik internal antar anggota, maupun unsur luar (external). Dan dari sana akan meningkatkan human skill . Dalam kegiatan harian (apel, piket dll) serta peng-organisasiannya yang menggunakan istilah militer (komandan, kepala staf dll), yang kesemuanya bertujuan untuk membina mental militer. Itu yang saya sebut “pembinaan kewiraan”.

alat-alat musik yang biasanya digunakan dalam permainan Marching band antara lain :

Terompet

Genderang

Tenor

Bass

Lira

Saxophone

0 komentar:

Posting Komentar

Sharingan

Sharingan

Konco-Konco

group
Johan d'scout © 2008 Template by:
SkinCorner